fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Yudisium XXVIII FUAH: Cetak Lulusan dengan Karya Nyata

Home >Berita >Yudisium XXVIII FUAH: Cetak Lulusan dengan Karya Nyata
Diposting : Kamis, 09 Mar 2023, 10:29:40 | Dilihat : 319 kali
Yudisium XXVIII FUAH: Cetak Lulusan dengan Karya Nyata


Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember telah melaksanakan Prosesi Yudisium ke-28 pada tanggal 08 Maret 2023 di Hotel Luminor Jember. Prosesi Yudisium ke-28 ini diikuti oleh 92 mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora. Sejak pukul 07.00 WIB bangku peserta mulai penuh terisi. Para peserta yudisium berdatangan dengan wajah berseri dan sedikit gugup. Pasalnya pengesahan kelulusan para mahasiswa FUAH sebagai sarjana menjadi salah satu bagian penting dalam alur kelulusan dan perolehan gelar bagi para mahasiswa yang telah menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Yudisium ke-28 FUAH dihadiri oleh Dekan, segenap wakil dekan, kepala jurusan, kepala bagian tata usaha dan jajaran civitas akademika. Sesuai harapan bersama Prosesi Yudisium ke-28 berjalan dengan khidmat dan lancar hingga akhir.

Acara dimulai dengan pembacaan basmalah bersama sebagai tanda dibukanya prosesi yudisuim ke-28. Pembacaan ayat suci al-qur’an dilantunkan dengan indah oleh perwakilan mahasiswa, Silsilu durrotil. Setelahnya acara dilanjutkan dengan pembacaan  laporan akademik Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora oleh Wakil dekan 1 yaitu Bapak Dr. Uun Yusufa, M.A, dalam penyampaiannya beliau juga berpesan sekaligus doa supaya para mahasiswa yang menjadi peserta yudisium kali ini dapat terserap dalam dunia pekerjaan.

Peserta Yudisium ke-28 diantaranya terdiri; 43 orang dari Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT), dan 15 orang dari Program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan 13 orang dari Program Studi Ilmu Hadits (IH), lalu 21 orang dari Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI). Selanjutnya dengan bangga Wakil dekan 1 mengumumkan Lulusan Terbaik dan Skripsi Terbaik pasa Yudisium ke-28. Mahasiswi Program Studi Sejarah Peradaban Islam Zidah Alfirizqillah dengan IPK 3,76 dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik. Lalu Skripsi Terbaik datang dari Program Studi Sejarah Peradaban Islam yaitu Refin Ahmad Faturrahman dengan judul skripsi “Ambivalensi Dalam Hubungann Java Comitee dan Komunitas Kristen Madura di Regentschap Bondowoso Tahun 1880-1928".

Selain dari itu, Bapak Dr. Uun Yusufa, M.A juga mengumumkan beberapa karya cetak mahasiswa lulusan yudisium ke-28 yang salah satunya dari Novita Anggraini mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab berupa 2 buku cetak. Bapak Dr. Uun Yusufa menyampaikan bahwasaannya “Capaian yang sangat bagus dan patut diapresiasi oleh kita semua, tidak hanya berupa karya tulis artikel, skripsi, maupun jurnal tetapi mahasiswa FUAH sudah dapat membuat buku cetak dalam proses pendidikan kuliah-nya”.

Selanjutnya acara diteruskan dengan pembacaan surat keputusan Yudisium oleh Drs. Muh. Ansori. Lalu tibalah pada inti acara yaitu Prosesi Yudisium dimana satu persatu nama peserta dipanggil beserta IPK yang didapat. Dapat dilihat para peserta yudisium memiliki wajah yang berseri, bahagia, sedih, gugup, dan takut terpancar dari wajah peserta yang terpanggil namanya untuk maju kedepan Pemberian penghargaan bagi lulusan terbaik dan skripsi terbaik dihaturkan langsung oleh Bapak Dekan Fakultas Prof. Dr. M. Khusna Amal s.Ag, M.Si dan bagi Lulusan terbaik memberikan pidato-nya dihadapan seluruh peserta yudisium.

Setelah Prosesi pemberian pengahargaan bagi lulusan terbaik dan skripsi terbaik, bapak dekan Prof. Dr. M. Khusna Amal s.Ag, M.Si memberikan sambutan kepada para peserta yudisium. Sambutan yang cukup mengharukan dari beliau "Selamat atas capaian yang diperoleh alumni dan mahasiswa FUAH dan Alhamdulillah kalian semua sudah bisa menyandang gelar S1. Ini patut kita syukuri bersama atas pencapaian anda dalam mendapatkan gelar atas ridho Allah SWT. Membutuhkan proses yang cukup panjang ya? ada yg berproses selama 3 tahun lalu 3,5 tahun, 4 tahun hingga 7 tahun juga ada. Terlepas dari itu semua, proses itu tak patut kita lupakan karena anda telah berhasil memiliki peridikat keilmuan dan intelektual," ucap Dekan Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora sebagai penyemangat bagi mahasiswa untuk memulai kehidupan di dunia sosial yang sesungguhnya. Setelah ini acara dilanjutkan dengan penyerahan alumni FUAH kepada IKA FUAH oleh Wakil dekan 3. Prosesi Yudisium diakhiri dengan foto bersama setiap program studi dengan jajaran dekan wakil dekan dan kepala program studi masing-masing. (Nan)

;