fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Langkah Bersama untuk Kemajuan: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Desa Badean

Home >Berita >Langkah Bersama untuk Kemajuan: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Desa Badean
Diposting : Rabu, 28 Feb 2024, 13:17:07 | Dilihat : 324 kali
Langkah Bersama untuk Kemajuan: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Desa Badean


Jember. Hari ini, Rabu 28 Februari 2024, sebuah tonggak penting dalam upaya memperkuat kemitraan antara perguruan tinggi dan masyarakat terjadi di Pemerintah Desa Badean, Kabupaten Jember. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag, dengan Kepala Desa Badean Purnanto, S.Sos, bersama untuk menandatangani perjanjian kerjasama Memorandum Of Understanding (MoU) Pengembangan Kelembagaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang diharapkan akan membawa manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

Dalam suasana yang penuh semangat dan antusiasme, Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag , selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, menyampaikan pentingnya kerjasama ini sebagai langkah konkret dalam mendukung pembangunan lokal dan pengembangan potensi masyarakat. Beliau menyampaikan, "Perjanjian kerjasama ini adalah manifestasi nyata dari komitmen kami untuk turut serta dalam pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan dengan pemerintah desa, kita dapat menciptakan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi masyarakat." 

Sementara itu, Kepala Desa Badean, Purnanto, S.Sos, menyambut baik inisiatif dari fakultas dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung setiap kegiatan yang dilakukan dalam kerangka kerjasama ini. Sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Fakultas "Kami sangat gembira dengan adanya kerjasama ini, terutama kami berharap untuk dibantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Desa Badean."

Lebih lanjut, Purnanto, S.Sos selaku kepala Desa Bandean merasa sangat terbantu dengan adanya kerjasama ini.

"Kami juga merasa sangat senang ketika Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember bersedia membantu kami dalam penulisan sejarah Desa kami. Selama ini, sejarah Desa kami hanya dikenal secara umum saja."

Purnanto, S.Sos juga mengharapkan desa yang dipimpin menjadi sarana tempat pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora serta menjadi inspirasi bagi pengembangan SDM bagi masyarakat sekitar.

"Dan kami juga sangat terbuka dengan ide untuk menjadikan Desa kami sebagai salah satu tempat pembelajaran bagi mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat dapat terinspirasi untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kami sangat peduli dan memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa kami."

Dalam MoU ini ruang lingkup secara umum yang disetujui dalam kesepakatan ini diantaranya: Kedua belah pihak dapat saling membantu dalam pengembangan kelembagaan dalam bidang peningkatan mutu SDM, penelitian dan ilmu pengetahuan dalam bidang keislaman, program pengabdian kepada masyarakat, pengembangan pembelajaran di luar kampus (Outdoor Learning) dan pariwisata minat khusus bidang Sejarah dan Arkeologi.

Perjanjian kerjasama ini mencerminkan komitmen kedua belah pihak untuk bekerja sama demi mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Dengan sinergi antara akademisi dan pemangku kepentingan lokal, diharapkan akan tercipta transformasi yang positif dan berkelanjutan dalam masyarakat Desa Badean. (Tam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

;