header-int

Workshop Penulisan Jurnal Internasional bersama Prof Handoyo

Senin, 18 Okt 2021, 15:56:18 WIB - 100 View
Share
Workshop Penulisan Jurnal Internasional bersama Prof Handoyo

Jember- Hari ini Program Studi Bahasa dan Sastra Arab mengadakan Workshop penulisan Jurnal Internasional bagi Dosen FUAH 2021 dengan menghadirkan Prof. Dr. Handoyo Puji Widodo sebagai Narasumbernya. Sekitar 30 peserta pilihan yang mendapatkan kesempatan untuk hadir secara Offline di Aula FUAH UIN KHAS Jember. 
Acara dibuka dengan Sambutan oleh Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Safrudin Edi Wibowo. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa workshop ini adalah sebuah bentuk perjuangan untuk bisa belajar bersama agar bisa menulis jurnal dengan baik sehingga bisa tembus jurnal yang terindeks internasional dan benar-benar memanfaatkan momen ini untuk menimba ilmu agar bisa menulis lebih baik. 
Berikutnya dekan FUAH, M. Khusna Amal memberikan sambutan kedua yang sekaligus membuka secara resmi acara workshop pagi ini. Beliau menyampaikan “Saya berharap semoga Prof. Handoyo bisa mentransfer segala ilmunya agar para dosen khususnya peserta yang datang hari ini dapat  memperoleh wawasan serta pengalaman yang baru dari beliau.” 
Usai sambutan, Prof Handoyo mendapatkan kesempatan untuk memimpin diskusi terkait dengan seluk beluk penulisan jurnal internasioanl. Beliau membagikan cerita tentang jangka waktu submit jurnalnya terakhirnya yang hanya memakan waktu dua bulan sejak pengiriman artikel. Hal ini tentu menjadi sebuah cambuk bagi para dosen, mengingat dalam pembukaan, Dekan sempat menyampaikan bahwa submit jurnal internasional memakan waktu biasanya dalam waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lama tunggunya. 
Lebih lanjut beliau menjelaskan banyak hal yang menjadi alasan perbedaan waktu publikasi karya tulis ilmiah ini, diantaranya adalah Bergantung pada  berapa lama proses penilaian, banyaknya antrian dan Berapa lama revisi dikirimkan. sehingga, tentunya untuk mendapatkan waktu yang cepat dalam publikasi maka seorang penulis harus memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan diantaranya dengan mengangkat isu global atau nasional, komunitas Riset, International Readership, Reasearch Gaps dan Kontribusi riset. 
Acara yang berlangsung hingga jam 16.00 sore ini, juga diisi dengan FGD bagi para peserta. Usai ishoma, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan konsentrasi keilmuan masing-masing dan mereka diminta untuk menuangkan ide dalam bentuk judul dan dipresentasikan kepada prof Handoyo, yang kemudian mendapatkan kritik dan masukan yang pastinya sangat bermanfaat dan membantu dalam perbaikan penulisan. 
Di Akhir acara, salah seorang peserta yang bernama tama yang merupakan dosen FUAH mengatakan bahwa, “Acara hari ini sangat luar biasa, mengingat banyak sekali tips dan trik serta masukan yang diberikan oleh Prof. handoyo. Tentunya saya berharap masih akan ada sesi-sesi serupa sehingga kami bisa meningkatkan kemampuan kami dalam hal publikasi ilmiah terutama di kancah internasional.”  (Zoel)

Unidha Universitas Islam Negeri (UIN) KHAS Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube