fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Telaah Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Home >Berita >Telaah Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Diposting : Rabu, 06 Jun 2018, 11:04:03 | Dilihat : 1055 kali
Telaah Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab


Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora telah melaksanakan acara telaah kurikulum pada program studi Bahasa dan Sastra Arab, hadir dalam narasumber kali ini Dr. Istiningsih, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga dan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora Dr. Abdul Haris, M.Ag. Menurut Dekan Ushuluddin dalam sambutannya mengatakan dengan di adakannya Telaah kurikulum ini kami berharap ada nilai positif yang di dapatkan oleh kami khususnya Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang akhir-akhir ini akan melakukan Reakreditasi Program Studi.

Sedangkan menurut Dr.Istiningsih, M.Pd mengatakan Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Perguruan Tinggi. Pengembangan Kurikulum Tingkat perguruan tinggi yang beragam mengacu pada KKNI  nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif. KKNI menyatakan sembilan jenjang kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang produktif. Deskripsi kualifikasi pada setiap jenjang KKNI secara komprehensif mempertimbangkan sebuah capaian pembelajaran yang utuh, yang dapat dihasilkan oleh suatu proses pendidikan baik formal, non formal, informal, maupun pengalaman mandiri untuk dapat melakukan kerja secara berkualitas.

;