fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Review Borang BSA, Optimis Capai Akreditasi Unggul

Home >Berita >Review Borang BSA, Optimis Capai Akreditasi Unggul
Diposting : Sabtu, 02 Dec 2023, 12:34:21 | Dilihat : 120 kali
Review Borang BSA, Optimis Capai Akreditasi Unggul


Banyuwangi. Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menghadirkan narasumber Bapak Dr. Hisyam Zaini, M.A. untuk melakukan review sejauh mana progres penyusunan akreditasi Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Kegiatan ini dilaksanakan di Kalibaru Cottage, Banyuwangi 30 November sampai 2 Desember 2023. Dalam kesempatan ini turut hadir Jajaran Dekanat FUAH, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi dan Tim penyusun borang akreditasi Prodi Bahasa dan Sastra Arab. 

Program akreditasi ini tidak hanya menilai keberhasilan akademis, tetapi juga fokus pada pengembangan kurikulum yang relevan dan penyelenggaraan pembelajaran yang efektif. Proses review penyusunan akreditasi melibatkan evaluasi mendalam oleh Bapak Dr. Hisyam Zaini, M.A. terhadap hasil penyusunan borang akreditasi Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang bertujuan untuk meningkatkan standar kualitas pendidikan secara menyeluruh. Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi masukan dari Dr. Hisyam Zaini, M.A. diantaranya tema penelitian harus disesuaikan dengan kebahasaan dan kesusasteraan jangan melenceng ke arah PBA ataupun IAT selanjutnya beliau mengajak agar seluruh Dosen untuk aktif menulis, kemudian catatan lain berkaitan dengan bagaimana meningkatkan mutu lembaga melalui gugus mutu, meningkatkan standar mutu dengan penerapan PPEPP, dan bagaimana seharusnya merancang strategi dalam mencapai visi misi. Semua masukan tersebut menjadi bahan evaluasi agar penyusunan borang akreditasi prodi BSA akan semakin baik kedepannya. 

Harapan dari kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan program studi Bahasa dan Sastra Arab fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora pada tingkat unggul dan bereputasi menyusul ketiga prodi lainnya yang sudah lebih dulu mendapatkan predikat unggul yakni Ilmu Hadits, Ilmu Al Qur'an dan Tafsir serta Sejarah dan Peradaban Islam. Diharapkan, kegiatan ini akan merangsang inovasi dan perbaikan berkelanjutan pada penyusunan borang akreditasi Prodi BSA dan semua pihak yang terlibat diharapkan mampu menyelesaikan beberapa kekurangan-kekurangan yang nanti bisa diatasi ketika proses assessment lapangan berlangsung. (Tam)

;