fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Rahasia Sukses Lolos Beasiswa: Beberapa Alumni FUAH Bagikan Tips dan Trik

Home >Berita >Rahasia Sukses Lolos Beasiswa: Beberapa Alumni FUAH Bagikan Tips dan Trik
Diposting : Kamis, 18 Jan 2024, 11:27:12 | Dilihat : 224 kali
Rahasia Sukses Lolos Beasiswa: Beberapa Alumni FUAH Bagikan Tips dan Trik


Jember. Dalam dunia pendidikan, beasiswa menjadi salah satu jalur untuk mewujudkan impian mendapatkan pendidikan tinggi. Menyadari pentingnya peran beasiswa, sejumlah alumni Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora berbagi tips sukses lolos beasiswa dalam sebuah acara "Diskusi Santai Beasiswa LPDP dan Sharing Pengalaman Awardee" yang diselenggarakan pada Kamis, Tanggal 18 Januari 2024 di Aula FUAH dan secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, Bapak Dr. Zainal Anshari, M. Pd.I. memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi. Dalam kesempatan ini, Bapak Zainal Anshari mengharapkan kegiatan seperti ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa FUAH agar bisa mengejar peluang beasiswa kedepannya.  Narasumber pada kegiatan ini yaitu: 

  1. Zakaria Drajat Dahlan (Awardee LPDP Beasiswa Kader Ulama, Ilmu Al Quran dan Tafsir - PTIQ Jakarta) Alumni Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2021

  2. Ahmad Rama Dony (Awardee LPDP- Kemenag Beasiswa Indonesia Bangkit - Magister Filsafat Universitas Gadjah Mada) Alumni Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2021

  3. Iin Isnaini (Awardee Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag-Magister Prodi Sejarah dan Peradaban Islam UIN Jakarta) Alumni Prodi Sejarah dan Peradaban Islam 2022

  4. Ahmad Syaifuddin Amin (Awardee Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag Program Doktor Luar Negeri) Alumni Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2019.

Ke-empat Narasumber pada kesempatan ini membagikan tips dan trik bagaimana mendapatkan beasiswa kepada teman-teman mahasiswa yang hadir. Berikut adalah rangkuman dari tips-tips berharga yang mereka bagikan:

  1. Kenali Syarat dan Kriteria Beasiswa dengan Teliti: Mengetahui persyaratan dan kriteria beasiswa adalah langkah awal yang penting. Setiap beasiswa memiliki syarat yang berbeda, dan memahaminya dengan baik akan membantu kamu menyiapkan dokumen dan pencapaian yang sesuai.
  2. Pertahankan Prestasi Akademik yang Unggul: Selalu menjaga nilai dan catatan akademis yang baik merupakan salah satu kunci dalam mendapatkan beasiswa.
  3. Bangun Portofolio Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pengalaman:  Selain prestasi akademik, beasiswa juga sering memperhatikan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengalaman lainnya. Membangun portofolio yang menunjukkan keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan  diluar kampus.
  4. Siapkan Fisik dan Mental: Mendapatkan beasiswa tidak hanya melibatkan persiapan akademis dan administratif, tetapi juga memerlukan persiapan mental dan fisik yang kuat. 

Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan para calon penerima beasiswa dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk meraih impian pendidikan tinggi baik program Magister maupun Doctor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dibuktikan dengan banyak yang memberikan pertanyaan sehingga suasana diskusi semakin hangat. (Tam)

;