fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Menjelajahi Metodologi Penelitian Al-Qur'an: Wawasan dari Workshop FUAH UIN KHAS Jember

Home >Berita >Menjelajahi Metodologi Penelitian Al-Qur'an: Wawasan dari Workshop FUAH UIN KHAS Jember
Diposting : Rabu, 12 Jun 2024, 12:22:58 | Dilihat : 222 kali
Menjelajahi Metodologi Penelitian Al-Qur'an: Wawasan dari Workshop FUAH UIN KHAS Jember


Pada tanggal 11 Juni 2024, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora mengadakan sebuah workshop bertemakan "Metodologi Penelitian al-Qur'an dan Tafsir di Nusantara". Acara ini dilaksanakan di Aula Perpustakaan UIN KHAS Jember, dengan peserta yang ditargetkan adalah para mahasiswa semester 4 dan 6 Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN KHAS Jember.

Workshop ini dihadiri oleh sekitar 70 mahasiswa, serta belasan dosen dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora UIN KHAS Jember. Pembukaan acara serta sambutan disampaikan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora, Bapak Ahidul Asror, M.Ag.

Dalam sesi pertama, materi diberikan oleh Dr. Ahsin Sakho, M.A., seorang pakar qira'ah sab'ah Indonesia, beliau memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk aktif dalam mempelajari dan meneliti al-Qur'an. Beliau menekankan bahwa al-Qur'an memiliki keistimewaan yang selalu relevan dengan zaman, sehingga terus mendorong adanya kajian baru dalam bidang al-Qur'an dan tafsir. Dr. Ahsin juga mendorong mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir untuk meningkatkan penelitian dalam ilmu qira'ah, yang mana masih jarang dilakukan di lingkungan mahasiswa al-Qur'an dan tafsir.

Materi kedua diberikan oleh Ibu Ulya Fikriati, seorang dosen dari institut ilmu keislaman Annuqayah Madura dan peneliti tafsir virtual. Beliau memberikan informasi kepada mahasiswa tentang bidang tafsir di dunia virtual dan cara mengkaji tafsir yang ada di media sosial. Contoh bidang yang dapat dikaji adalah tafsir lisan dan aplikasi-aplikasi tafsir digital.

Tidak ketinggalan, terdapat sesi tanya jawab kepada kedua narasumber, terutama kepada Dr. Ahsin Sakho. Beliau menjawab semua pertanyaan dengan penjelasan yang jelas dan menunjukkan keahliannya dalam bidang al-Qur'an dan tafsir.

Workshop ini tidak hanya memberikan wawasan baru dalam memahami al-Qur'an dan tafsir, tetapi juga menginspirasi para mahasiswa IAT untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang yang mulia ini. (Ben)

Berita Terbaru

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora Tingkatkan Mutu untuk Mewujudkan Akreditasi Prodi Unggul Bereputasi Internasional
04 Sep 2024By fuah
Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora UIN KHAS Jember Terjunkan Ratusan Mahasiswa PPL dalam Berbagai Bidang Keahlian
04 Sep 2024By fuah
FUAH UIN KHAS Jember Lepas Mahasiswa PPL 2024
31 Aug 2024By fuah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;