fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Inspirasi Gemilang: Perjalanan Akademis Dr. Ainul Churria Almalachim Menuju Gelar Doktor di Usia Muda

Home >Berita >Inspirasi Gemilang: Perjalanan Akademis Dr. Ainul Churria Almalachim Menuju Gelar Doktor di Usia Muda
Diposting : Senin, 08 Jan 2024, 11:56:13 | Dilihat : 549 kali
Inspirasi Gemilang: Perjalanan Akademis Dr. Ainul Churria Almalachim Menuju Gelar Doktor di Usia Muda


Jember, 8 Januari 2024 - Dr. Ainul Churria Almalachim, S.Ud., M.Ag, alumni angkatan 2011 prodi Tafsir Hadits (kini program studi Ilmu Hadits) Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora IAIN Jember (kini UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember), membuat sejarah sebagai wisudawan termuda yang berhasil meraih gelar doktor pada usia 29 tahun.

Perjalanan Ilma, begitu ia akrab disapa, selama masa kuliahnya penuh lika-liku, namun tekadnya untuk mencapai pendidikan tinggi tak pernah goyah. Ayahnya menjadi sumber inspirasi utama, menginginkan Ilma menjadi perempuan berpendidikan tinggi dan bermanfaat bagi sesamanya.

Ilma, sejak kecil, telah menunjukkan ketangguhannya dalam mencari ilmu. Rekam jejak pendidikannya mencakup sekolah dasar di SDN Unggulan Kaliboto Lor 01 pada tahun 2005, lanjut ke SMP AVISENA Jabon Sidoarjo pada tahun 2008, dan meraih keunggulan di SMK Nurul Islam (Nuris) Program Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan Antirogo Jember pada tahun 2011. Keinginan untuk terus belajar membawanya melanjutkan studi ke S1 Tafsir Hadis di IAIN Jember, lulus pada tahun 2015.

Ilma tidak berhenti di situ, melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di UINSA Surabaya, lulus pada tahun 2017. Keinginannya untuk mencari sumber ilmu tak berhenti, dan akhirnya, ia menyelesaikan pendidikan S3 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di UINSA pada tahun 2022, menjadikannya doktor termuda di usianya yang baru menginjak 29 tahun.

Bukan hanya akademis, Ilma juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Sejak SMP, ia telah meniti karir organisasinya, termasuk sebagai Bendahara OSIS SMP AVISENA Jabon Sidoarjo dan Sekretaris OSIS SMK NURIS Antirogo Jember. Selain itu, ia juga menjadi ustadzah dan Kepala Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Islam Jember.

Prestasi Ilma tidak hanya dalam dunia akademis dan organisasi, tapi juga dalam kompetisi. Dari sekolah dasar hingga SMA, Ilma meraih berbagai juara, termasuk Juara 1 Lomba Hafalan Juz Amma di TPQ Baitur Rohmah Kaliboto Lor Lumajang tahun 1999 dan menjadi Siswa Teladan di SMK NURIS Antirogo Jember tahun 2011.

Keberhasilan akademisnya tidak lepas dari ketekunan dan prestasi di setiap jenjang pendidikan. Ilma berhasil meraih gelar sarjana tercepat dengan IPK 3,86 dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora IAIN Jember. Begitu juga pada jenjang S2 di UINSA, Ilma meraih gelar tercepat dan IPK 3.67.

Prestasinya terus berlanjut hingga jenjang doktor. Ilma berhasil meraih gelar doktor termuda dengan IPK 3.77 dari Pascasarjana UINSA. Selama menyelesaikan program doktor, Ilma juga berhasil menjadi dosen CPNS di Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, dan pada akhir 2021 diangkat menjadi PNS serta staf di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN KHAS Jember.

Sebagai seorang akademisi, Ilma tidak hanya fokus pada studi tetapi juga aktif dalam penelitian. Beberapa karyanya yang dihasilkan dipresentasikan dalam berbagai konferensi nasional dan internasional, membuktikan kecemerlangannya di dunia penelitian. Ilma terus berkarya dan mewujudkan kepakarannya dalam beberapa karya tulis ilmiah yang telah dihasilkannya, seperti beberapa karya berikut ini: 1) Menakar Nilai-Nilai Moral dengan Gaya Komunikasi dalam Al- Qur`an, Al-Yasini, Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian Bidang Keislaman dan Pendidikan, Vol.04 No.01 Mei 2019, P-ISSN 2527-3175 E-ISSN 2527-6603. 2) Revitalization of National Education For Children Semeru Slope: Studi of Implementation and Awareness of Compulsory Education Program For 12 Years for Argosari B-29 Children Lumajang District, Paper ini dipresentasikan pada acara Konferensi Nasional dengan tema “Islam Politik Identitas dan Tantangan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0”, yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 16 Oktober 2019.

Karya berikutnya menggambarkan keterlibatan ilma dalam forum-forum internasional, 3) Knowledge Asa in the Middle of Hegemonity: Study of Bu Nyai, Tahfiz and Mufassir Women’s Bookers in Indonesia, this paper was presented at International Conference on Islam, Community Engagement and Modernity (ICCOME), with theme “Islam and Knowledge Production in Modern Society”, Conducted by Postgraduate Sunan Ampel State Islamic University, 31 Oktober 2019.

Karyanya yang ke 4) Reading Islam Through History of Islamic Architecture in Indonesia, this paper was presented at International Conference On Ushuluddin And Humanities Studies (ICONHUMANS), with theme “Religion, Humanity and Civilization In Disruptive Era: Text and Practice, Conducted by Faculty Of Ushuluddin And Humanity State Islamic University Walisongo Semarang, 07 November 2019.

Karya berikutnya yang ke lima dengan judul sebagai berikut 5) Pesantren Al-Qur’an dan Konservasi Alam: Pesantren Al-Qur`an Membaca dengan Kajian Hermeneutika Terhadap Surat Al-Baqarah ayat 35 Terkait dengan Konservasi Hutan Lindung di Indonesia, this paper was presented at 3rd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCOMS) 2019, with theme “The Creation of Muslim Polity in Indonesia: Challenges and Opportunities”, Conducted by Kementerian Agama Republik Indonesia Kopertais Wilayah IV Surabaya, 24 November 2019.

Karya ke enam berjudul 6) Women Potential Power to Achieve Golden Generation in Millenial Era: Applying Women Morality From The Al-Qur’an, this paper was presented at 1st International Conference on Morality (INCOMORA) 2020, with theme “Attaining a Dignified and Rahmatan Li al-Alamin Society”, Conducted by Faculty of Islamic Religion Majapahit Islamic University Mojokerto, 02 February 2020.

Radar Jember pernah juga menulis kisah perjalanan akademiknya dengan memberi judul Kisah Dosen Muda Inspiratif, Alumnus SMK Nuris Jember, yang dipublikasikan pada Selasa, 18 April 2023. Ilma juga pernah menjadi sorotan media, di antaranya dalam artikel berjudul "Kisah Dosen Muda Inspiratif, Alumnus SMK Nuris Jember" yang dipublikasikan oleh Radar Jember pada Selasa, 18 April 2023.

Dengan semangat dan tekadnya, Ilma menunjukkan bahwa perempuan bisa menjadi kekuatan besar dalam mencapai pendidikan tinggi, berkarir, dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Prestasinya menjadi inspirasi bagi generasi muda yang haus ilmu dan pengalaman. (Zainal Ashari/Tam)

 

 

 

 

;