fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

FUAH Adakan Kompetisi Riset Kolektif Dosen Mahasiswa (RKM)

Home >Berita >FUAH Adakan Kompetisi Riset Kolektif Dosen Mahasiswa (RKM)
Diposting : Jumat, 19 Jan 2024, 08:14:29 | Dilihat : 161 kali
FUAH Adakan Kompetisi Riset Kolektif Dosen Mahasiswa (RKM)


Jember, 18 Januari 2024. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora (FUAH) UIN KHAS Jember menyelenggarakan kompetisi laporan terbaik hasil riset kolaboratif mahasiswa FUAH 2023. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Program Riset Kolaboratif Mahasiswa (RKM) yang dilaksanakan di Desa Kandang Tepus, Senduro pada bulan Agustus 2023.

Tujuan kompetisi ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada penelitian yang telah dilaksanakan. Dari sembilan kelompok yang telah menyerahkan laporannya, hanya tiga kelompok terbaik yang akan dipilih untuk mempresentasikan isi laporan mereka.

Sebelum penyampaian laporan penelitian, Dr. Uun Yusufa, sebagai Ketua Panitia Kegiatan RKM, menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa dan dosen yang telah berpartisipasi dalam kegiatan RKM ini. Meskipun terdapat kekurangan karena ini merupakan RKM pertama di FUAH, beliau berharap RKM yang akan datang dapat menjadi lebih baik.

Tiga kelompok yang telah diseleksi akan mempresentasikan latar belakang, teori, metode penelitian, dan hasil penelitian mereka. Berikut adalah tiga penelitian terbaik dalam RKM:

1. "Nilai-nilai Ukhuwah Basyariah dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural Desa Kandang Tepus, Senduro, Lumajang (Studi Living Qur'an)."
   - Anggota: Rina Najiha, Muhammad Nur Wahyudi, Nasrullah, Afifah Aulia Rahma, Rizki Alif Setiawan
   - Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Barmawi, S.Th.l, M.Hum

2. "Optimalisasi Moderasi Beragama Melalui Kearifan Lokal di Desa Kandang Tepus, Senduro, Lumajang."
   - Anggota: Shafira Munawwaroh Dahlan, Ach. Nabilul Hikam, Audy Nauritsmaeda Naftalena, Naili Alvi Mufida, Faizzatul Kamila
   - Dosen Pembimbing Lapangan: Maulida Dwi Agustiningsih, S.Kom, M.T.I.

3. "Multikulturalisme dalam Tradisi Suroan di Dusun Krajan, Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang."
   - Anggota: M. Alvin Adam, Wahyu Chandra, Nurul Fitriyah, Riska Vidianofa, Faradillah Nur Wulandari
   - Dosen Pembimbing Lapangan: Siti Zulaihah, M.A.

Dua dosen FUAH yang diberi amanah untuk mereview ketiga laporan adalah Dr. Win Ushuluddin, M.Hum. dan Dahimatul Afidah, M.Hum. Keduanya merupakan dosen yang kompeten dalam mereview penelitian dan telah sering menjadi reviewer skripsi.

Setiap kelompok diwakili oleh satu orang untuk mempresentasikan, dan setelah selesai, kedua reviewer memberikan penilaiannya terhadap laporan penelitian dari masing-masing kelompok. Kedua reviewer juga memberikan saran dan kritik yang membangun, dengan harapan bahwa setelah review dan kritik diberikan, ketiga kelompok tersebut dapat memperbaiki laporannya agar mencapai tingkat optimal. (Ben)

;