fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Civitas Akademik FUAH Turut Rayakan Hari Santri Nasional dengan mengikuti Upacara dan Kirab Santri

Home >Berita >Civitas Akademik FUAH Turut Rayakan Hari Santri Nasional dengan mengikuti Upacara dan Kirab Santri
Diposting : Rabu, 23 Oct 2019, 15:35:45 | Dilihat : 525 kali
Civitas Akademik FUAH Turut Rayakan Hari Santri Nasional dengan mengikuti Upacara dan Kirab Santri


Jember-(22/10/2019). Dalam rangka memperingati Hari Santri nasional 2019, IAIN Jember turut memeriahkan dengan mengadakan Upacara dan Kirab Santri. Upacara dilaksanakan di Stadion Utama IAIN Jember yang diikuiti oleh Ribuan Mahasiswa, Dosen, Staf serta para tamu Undangan yang terdiri dari Kapolres, Dandim dan Aparat kepolisian.

Sebagai inspektur upacara, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal memberikan sambutan dengan menceritakan hal ihwal penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan NKRI.

Kapolres juga menegaskan peran pesantren sebagai laboratorium perdamaian karena para santri diajarkan tentang konsep ajaran Islam yang Rahmatan Lil Alamin, ramah dan penuh toleransi sehingga mampu melahirkan santri yang ikut ambil andil merawat perdamaian dunia.

Upacara yang dimulai pukul 07.00 ini dibuka oleh pemimpin upacara yang dimandatkan kepada Wakil Rektor III BIdang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hefni Zein.Komandan kodim 0824 jember, Letkol Inf. La Ode Muhammad Nurdin bertindak sebagai pembaca Teks Pancasila.

Rektor IAIN Prof Babun Suharto Jember juga turut ambil andil sebagai pembaca Teks Ikrar santri. Berakhir dengan pembacaan Doa, Upacara selesai sekira pukul 08.00. dilanjutkan dengan pelepasan Kirab Santri yang diikuti oleh seluruh civitas akademik IAIN Jember oleh Rektor IAIN jember.

Kirab Santri ini menjadi meriah dengan hadiah yang sudah disiapkan, mulai dari hadiah hiburan sampai hadiah utama berupa 3 sepeda gunung. Undian dilakukan setelah para peserta mengumpulkan foto copy KTP/KTM. Hadiah hiburan diraih oleh beberapa dosen dan mahasiswa, sementara hadiah utama disabet seluruhnya oleh mahasiswa.

Menyemarakkan Hari santri tahun ini, seluruh civitas akademik IAIN Jember diwajibkan menggunakan atribut santri, terdiri dari koko atau batik serta sarung bagi pria dan busana muslimah bagi wanita selama tiga hari dimulai dari tanggal 21-23 oktober 2019. (Zul/Devi)

;