fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Bimtek KKNI, Redesain Kurikulum agar sesuai dengan IAPS 4.0

Home >Berita >Bimtek KKNI, Redesain Kurikulum agar sesuai dengan IAPS 4.0
Diposting : Selasa, 18 Jun 2019, 15:57:18 | Dilihat : 464 kali
Bimtek KKNI, Redesain Kurikulum agar sesuai dengan IAPS 4.0


Jember- Jum'at (14/06/19), Bimtek KKNI telah dilaksanakan di GKT lantai 2. acara ini diikuti oleh jajaran Dekanat dan para Kaprodi dari seluruh fakultas, termasuk juga dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Selain itu, tiap fakultas juga diharuskan mengirimkan salah satu dosen sebagai perwakilan dari masing-masing Prodi untuk mengikuti kegiatan ini. 

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pukul 21.00 malam. dimulai dengan Pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Sutrisno dan dilanjutkan dengan Dr. Suyadi. Materi yang disampaikan adalah seputar Kurikulum Program Pendidikan Sarjana Pendidikan (PSP) yang mengacu pada KKNI, SN-Dikti, PMA no.15 tahun 2018 dan BAN-PT. 

Disampaikan bahwa untuk menyelenggarakan PSP ini, setiap Perguruan Tinggi harus menyiapkan dokumen kurikulumnya. Kemudian dilakukan ReDesain serta menysuun RPS-nya. 

Ditemui diruangannya, Kaprodi IAT Dr. Uun Yusufa menyampaikan bahwa kejelasan kurikulum ini nantinya akan menunjukkan kesuksesan sebuah prodi yang ditunjang dengan kejelasan visi, misi, tujuan dan sasarannya. 

"Jika dulu kurikulumnya berbasis pada kompetensi, sekarang lebih berbasis pada profil lulusan dan kurikulum yang dikehendaki sehingga bisa bersaing dengan perguruan tinggi luar negeri'. lanjut Dosen yang kerap disapa pak Uun ini. 

Selain pembahasan mengenai kurikulum, juga disampaiakan mengenai PLP (pengenalan lapangan pendidikan). Kegiatan ini merupakan proses pengamatan dan kegiatan pemagangan yang dilakukan mahasiswa program PSP untuk memepelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan. 

bentuk pembelajarannya dapat berupa kuliah, Responsi, Tutorial, seminar serta praktikum. paling Akhir adalah mengenai Proses Penilaian pembelajaran yang mencakup sikap, tata nilai, penguasaan pengetahuan dan keterampilan. (Zoel/jamz)

;