fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Penguatan Penulisan Jurnal

Home >Berita >Penguatan Penulisan Jurnal
Diposting : Rabu, 09 May 2018, 14:54:28 | Dilihat : 628 kali
Penguatan Penulisan Jurnal


Menindaklanjuti Workshop yang dilaksanakan beberapa saat yang lalu mengenai Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Islamika dan Al-Manar, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora terus melakukan penguatan dan pengembangan dari segi penulisan Jurnal Ilmiah, dengan  mengunjungi komunitas rumah Jurnal yang bertempat di surabaya, hal ini untuk berdiskusi membicarakan kedepan mengenai penulisan Jurnal Ilmiah yang baik dan berharap bisa terakreditasi.

Sedangkan menurut Dr. M. Khusna Amal M.Si mengatakan Peneliti dan akademisi dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya peneliti atau juga bisa disebut dosen-dosen FUAH mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi baik yang bertaraf Nasional maupun Internasional. Setiap hasil penelitian ilmiah membutuhkan publikasi agar karya penulisannya dapat optimal diketahui oleh publik dan dipertanggungjawabkan keilmiahannya. Oleh karena itu, Dosen-dosen di Fakultas Ushuluddin terus dituntut senantiasa meningkatkan kualitas publikasi ilmiahnya, terutama skala jurnal dan majalah ilmiah Nasional hingga Internasional.

Mengelola sebuah jurnal diperlukan ketekunan dan ketelitian para pengelolanya. Jurnal yang profesional saat ini menjadi ruh bagi sebuah eksistensi dari perguruan tinggi. Salah satu indokator sebuah perguruan tinggi yang baik yakni ia mampu mengelola manajemen jurnal ilmiah secara baik,” Ungkap Khusna Amal.

Sedangkang menurut Dr. Imam Bonjol Juhari M.Si mengatakan pengelolaan jurnal ilmiah saat ini banyak dalam bentuk online. Hal ini bertujuan agar sebaran jurnal ilmiah semakin mudah diakses dan mudah dijangkau. “Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal sistem (OJS). Melalui sistem ini pengelolaan serta manajemen jurnal menjadi lebih elegan, rapi, teratur dan mampu terdokumentasi dengan baik.

 

;