fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Status Akreditasi Unggul: Prodi Ilmu Hadis UIN KHAS Jember Siap Cetak Ahli Hadis Masa Depan

Home >Berita >Status Akreditasi Unggul: Prodi Ilmu Hadis UIN KHAS Jember Siap Cetak Ahli Hadis Masa Depan
Diposting : Selasa, 14 May 2024, 08:48:34 | Dilihat : 115 kali
Status Akreditasi Unggul: Prodi Ilmu Hadis UIN KHAS Jember Siap Cetak Ahli Hadis Masa Depan


Jember, 14 Mei 2024. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terus menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan berkualitas melalui Program Studi Ilmu Hadis (ILHA). Baru-baru ini, ILHA meraih akreditasi Unggul, sebuah pencapaian yang mencerminkan dedikasi fakultas dan seluruh civitas akademika dalam meningkatkan mutu pendidikan. Didukung oleh staf pengajar yang kapabel dan kompeten, ILHA siap mencetak ahli hadis yang siap bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Setengah dari dosen yang ber-homebase di ILHA merupakan lulusan dari universitas-universitas ternama di Timur Tengah seperti Al-Azhar University, Mesir dan Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University, Saudi Arabia. Selain itu, beberapa dosen juga merupakan lulusan dari Radboud University Nijmegen di Eropa. Tak hanya itu, mereka juga mengantongi gelar dari PTKIN ternama di Indonesia seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya yang dikenal dengan kekhususan dalam kajian ilmu hadis.

Kiprah akademik dosen-dosen ILHA tidak hanya diakui di dalam negeri, tetapi juga di panggung internasional. Beberapa karya ilmiah yang telah terpublikasi antara lain: “Tradisi Qunut dalam Sholat Maghrib di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta (Studi Living Hadis)”, “Kritik Matan Hadis Perspektif Mahmud Abu Rayyah”, “Al-Quran Sebagai Parameter dalam Kajian Matan Hadis”, “Kaitan Kalimat Tauhid dengan Pezina dan Pencuri: Telaah Makna Hadis dalam Musnad Ahmad bin Hanbal”, “Hadis Moderasi Beragama dalam Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Bangsa yang Harmoni”, “Indigenous Islamic Multiculturalism: Interreligious Relations in Rural East Java, Indonesia”, dan “Method of Badiuzzaman Sa’id Nursi to Understand Hadith in Kitab Rasa’il Al-Nur”.

Sebagai prodi yang memproyeksikan lulusannya menjadi Ahli Hadis Pemula, Akademisi Bidang Hadis, serta Asisten Peneliti Hadis dan Sosial Keagamaan, ILHA terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan layanan prima. Untuk menjamin mutu prodi, ILHA senantiasa berkoordinasi dengan Unit Kendali Mutu Prodi dan Gugus Mutu Fakultas untuk melaksanakan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, serta Peningkatan (PPEPP).

Dalam upaya mencapai visi fakultas menjadi institusi pendidikan terkemuka di Asia Tenggara, ILHA berkomitmen untuk aktif dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu living hadis yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Bidang penelitian dan pengabdian masyarakat juga menjadi fokus utama, dengan terus mendorong peningkatan kualitas ilmu living hadis yang bermanfaat bagi kepentingan kemanusiaan dan peradaban.

ILHA juga memperkuat kemitraan dengan masyarakat dalam pengembangan ilmu hadis untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, prodi ini aktif mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam skala regional, nasional, dan internasional untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Dengan segala upaya ini, Prodi Ilmu Hadis UIN KHAS Jember siap melahirkan generasi ahli hadis yang mampu berkontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat. Mari kita sambut masa depan gemilang bersama ILHA. (Faiz/Tam)

Berita Terbaru

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora Tingkatkan Mutu untuk Mewujudkan Akreditasi Prodi Unggul Bereputasi Internasional
04 Sep 2024By fuah
Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora UIN KHAS Jember Terjunkan Ratusan Mahasiswa PPL dalam Berbagai Bidang Keahlian
04 Sep 2024By fuah
FUAH UIN KHAS Jember Lepas Mahasiswa PPL 2024
31 Aug 2024By fuah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;