fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Membangun Intelektual Mufassir, HMPS IAT Gelar Mufassir Academy

Home >Berita >Membangun Intelektual Mufassir, HMPS IAT Gelar Mufassir Academy
Diposting : Rabu, 24 Sep 2022, 03:30:11 | Dilihat : 31 kali
Membangun Intelektual Mufassir, HMPS IAT Gelar Mufassir Academy


FMC- HMPS IAT (Pengurus HMPS 2020) menggelar Mufassir Academy pada tanggal 17-18 September 2022. Mufassir Academy merupakan program kerja perdana yang diselenggarakan oleh HMPS IAT tahun 2022. Kajian dengan mengusung tema ??? ????? ?? ??????? ini diselenggarakan di balai desa Kemuningsari lor kecamatan Panti, kabupaten Jember. Kajian tersebut  diikuti kurang lebih 45 peserta yang merupakan mahasiswa baru angkatan 2022.

Kegiatan mufassir Academy diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur'an, sambutan-sambutan dan doa. Lalu dilanjutkan dengan kajian-kajian tafsir, mutholaah, serasehan Akbar, tadabbur alam, ishoma serta bersih-bersih diri dan lingkungan.

Kegiatan ini semakin menarik karena seluruh peserta diperlakukan seperti santri dengan peraturan tidak boleh membawa gadget agar dapat lebih fokus dalam menyerap materi yang disampaikan oleh beberapa dosen muda FUAH. Tercatat enam orang narasumber yang hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam kegiatan yang rencananya akan digelar berseri ini, diantaranya adalah:

1. Living Qur'an (Maulida Ulfa M.Th.I)

2. Metodologi Penelitian (Anggi Trivia Palupi, M.Pd.)

3. Tafsir Muqoron (Gus Nabil)

4. Tafsir Nusantara (Muhammad Faiz, Lc., M.Ag.)

5. Tafsir Maudhu'i (Abdulloh Dardum, S.Th.I., M.Th.I)

6. Jurnalistik (Zulfan Nabrisah M.Th.I)

Dimintai keterangan usai kegiatan, Arifin, Pengurus HMPS IAT Bidang Intelektual menyampaikan latar belakang yang mendasari terlaksananya program ini adalah untuk membangun dan menguatkan pondasi Ideologi dan intelektual mahasiswa IAT.

“Supaya tidak ada satu pun dari mereka yang merasa salah jurusan karena dalam kegiatan ini, panitia selain menyajikan materi berkaitan langsung dengan Tafsir, juga berusaha memberikan materi penunjang seperti jurnalistik dan penelitian agar anak IAT bisa dan tidak kebingungan ketika mengerjakan makalah dan berhadapan dengan artikel seputar Tafsir”. Tambahnya.

Melengkapi pernyataan Arifin, Ketua OC kegiatan ini, Mahrus mengatakan bahwa panitia memiliki harapan untuk kedepannya guna menjadikan IAT sebagai pusat kajian dan pergerakan intelektual dalam dunia kampus UIN khas Jember.

“Asa besar dari terselenggaranya mufassir academy ini adalah maksimalnya penyerapan semua materi dan menjadi ilmu yang barokah. Serta dukungan dari Pihak fakultas agar kegiatan ini dapat menjadi agenda wajib tahunan mengingat besarnya manfaat yang diperoleh”. Ungkapnya. (Zlf/Sdb)

Kontributor Data: Peserta Mufassir academy Kelompok 1, 2, 4 dan 6

 

 

Berita Terbaru

FUAH UIN KHAS Jember Gelar Audit Eksternal Sertifikasi ISO Tahap Dua
25 Nov 2022By fuah
HMPS SPI UIN KHAS Jember Lakukan Kunjungan Studi Banding dengan HMPS SKI UIN SUKA Yogyakarta
21 Nov 2022By fuah
FUAH Sukses Gelar NGOBRAS, Memetakan Peluang dan Tantangan Mahasiswa PTKIN
18 Oct 2022By fuah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;