fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Kembali raih Akreditasi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember adakan studi banding ke FUAH

Home >Berita >Kembali raih Akreditasi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember adakan studi banding ke FUAH
Diposting : Rabu, 06 Oct 2022, 19:50:57 | Dilihat : 244 kali
Kembali raih Akreditasi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember adakan studi banding ke FUAH


FMC- 6 September 2022, Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN KHAS Jember menyambut kedatangan dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Tujuan dari kunjungan dari fakultas Syariah yaitu studi banding terhadap pencapaian FUAH yang berhasil mendapatkan akreditasi unggul. Prof. Dr. M. Noor Harisudin sebagai dekan Fakultas Syariah mengucapkan selamat kepada FUAH karena sudah 75% program studi di FUAH UIN KHAS Jember yakni Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT), Sejarah Peradaban Islam (SPI), dan Ilmu Hadis (ILHA) mendapatkan akreditasi unggul. Dekan FUAH UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Khusna Amal mengapresiasi kedatangan Fakultas Syariah dan berharap bahwa kunjungan sore itu dapat bermanfaat dan bersama-sama maju sehingga mampu menghantarkan prodi-prodi lain untuk menjadi unggul.

 

Prodi IAT FUAH UIN KHAS Jember mengawali dengan mendapatkan akreditasi unggul pada tahun 2021. Kemudian, disusul perolehan akreditasi unggul oleh prodi ILHA dan SPI pada tahun 2022. Perolehan ini tidak lepas dari kerja sama tim akreditasi fakultas. Setelah unggah dokumen akreditasi seperti LED dan LKPS di sabto.banpt.or.id dilakukan beberapa tahapan lagi seperti penambahan Tahun Sekarang (TS) dan Akreditasi Lapangan (AL).

 

 

Keberhasilan FUAH mendapatkan akreditasi unggul tidak lepas dari bimbingan Dr. Sri Lumatus Sa’adah dan Dr. Uun Yusufa. Wakil Dekan 1 FUAH yang akrab disapa Uun ini menjelaskan bahwa kunci keberhasilan unggul ada 4 diantaranya: 1) mengikuti arahan dari asesor 2) menyiapkan dokuman atau bukti 3) memaksimal kerja tim yang produktif 4) doa. Wakil Dekan 2 dan 3 FUAH menambahkan bahwa terdapat beberapa kunci sukses akreditasi unggul salah satunya adalah melakukan kerjasama internasional baik dalam pendidikan, penelitian, maupun pengabdian. Hal menarik terlontar oleh salah satu tim akreditasi fakultas syariah yang mengatakan “Saya kagum dengan kerenyahan tim akrediasi FUAH ini." (Zlf/Mda)

;