fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Hari Kedua AICISH 2022, Prof. Noorhaidi Paparkan Konservatisme Pemuda dan Tantangan Islam Moderat di Era Digital

Home >Berita >Hari Kedua AICISH 2022, Prof. Noorhaidi Paparkan Konservatisme Pemuda dan Tantangan Islam Moderat di Era Digital
Hari Kedua AICISH 2022, Prof. Noorhaidi Paparkan Konservatisme Pemuda dan Tantangan Islam Moderat di Era Digital


FMC - Hari kedua AICISH 2022 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora UIN KH. Achmad Siddiq Jember mengundang Prof. Noorhaidi Hasan, pakar di bidang politik Islam dan juga pengajar di Indonesia. Ia juga merupakan mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga dan menjadi Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam serangkaian acara 1st Annual International Conference on Islamic Studies and Humanities (AICISH) 2022, yang dilaksanakan pada Kamis, 15 September 2022 masih s3cara hybrid ini, mendapatkan apresiasi oleh Prof. Noorhaidi terhadap tema yang diambil dalam conference ini, yakni tentang kaum muda. 

"Bagaimana kaum muda menghadapi perubahan dahsyat yang diakibatkan oleh Revolusi teknologi, terutama ditemukannya teknologi digital. Oleh karena topik tentang ini belum banyak dieksplor. Memang banyak riset tentang konservatisme, tantangan radikalisme, dan lain sebagainya. Tapi, fokus perhatian yang khusus untuk melihat bagaimana kaum muda menyikapi persoalan ini, saya pikir belum banyak di Indonesia. Padahal riset tentang ini sudah berkembang sangat pesat di dunia akademik international," jelasnya. 

Dimoderatori oleh dosen FUAH, Aslam Sa'ad, sesi tanya jawab berlangsung cukup tangkas dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh Ahmad Qoys Jamalallail (IAT), "Mengapa terjadi kontradiksi antara iming-iming yang ditawarkan kaum islamis konservatis berupa kesejahteraan dan perbaikan kehidupan di masa yang akan datang dengan kenyataan bahwa mereka, kaum muda yang telah terdoktrin, malah disuruh untuk meneror dan mencelakakan diri sendiri?" ujarnya yang hadir secara offline di Aula Hotel Rembangan.  

Prof. Noorhaidi kemudian menjawab, "Iming-iming dan tawaran kehidupan yang lebih baik di masa mendatang apabila mengikuti aliran kaum Islamis itu hanyalah bayangan dan angan-angan yang belum tentu mewujud, bahkan sangat sulit untuk diwujudkan. Kaum muda yang telah masuk ke lingkaran mereka dan telah terdoktrin akan melakukan apa saja yang mereka minta hingga perbuatan terorisme."

Beberapa pertanyaan yang datang dari peserta lain juga turut dijawab dan dijelaskan dengan lugas oleh Prof. Noorhaidi. Dan di akhir sesi, beliau memberikan wejangan, "Untuk membantah dan mencegah perkembangan ideologi konservatisme Islam yang bercorak ekstrem tidak cukup hanya dengan mempromosikan Islam moderat atau wasathiyah Islamiyah kepada masyarakat luas, tapi harus diikuti dengan perbaikan ekonomi, pembukaan lapangan kerja secara luas, pemerataan akses pendidikan, dan segala hal yang menyangkut hak dasar bagi masyarakat." Tambahnya.

Setelah sesi tanya jawab selesai dan diskusi ditutup oleh moderator, acara dilanjutkan dengan penutupan rangkaian kegiatan AICISH 2022. 

Closing ceremony menjadi acara akhir dari rangkaian kegiatan AICISH yang dilaksanakan sejak kemarin,14 september 2022. Dekan FUAH, Prof. Dr. Khusna Amal dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua panitia dan pihak yang terlibat dalam acara ini. "Kami ucapkan terima kasih pula kepada speaker dan narasumber yang telah meluangkan waktu dan membagikan ilmunya kepada kita semua serta kepada peserta dan presenter yang telah mengikuti konferensi pada hari sebelumnya. Sampai jumpa pada acara AICISH ke-2 tahun depan. Semoga kita semua selalu diberi kesempatan sehingga dapat bertemu kembali pada acara AICISH kedua tahun depan," tutur beliau sembari meneruskan dengan menutup AICISH 2022 secara resmi. 

Acara yang dipandu oleh tim protokoler FUAH, Elis Safitri (BSA/III) ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Dr. Win Usuluddin dan diamini oleh semua peserta. (Zlf/Sdb/Aqj

Berita Terbaru

Dekan FUAH hadiri undangan Tanoker Kunjungi Kearifan Lokal Pasar Lumpur Ledokombo
28 Sep 2022By fuah
Membangun Intelektual Mufassir, HMPS IAT Gelar Mufassir Academy
24 Sep 2022By fuah
Hari Kedua AICISH 2022, Prof. Noorhaidi Paparkan Konservatisme Pemuda dan Tantangan Islam Moderat di Era Digital
18 Sep 2022By fuah

Agenda

Informasi Terbaru

PERPANJANGAN MASA STUDI
17 Jun 2022By fuah
PEMBERITAHUAN AKHIR BATAS STUDI
30 May 2022By fuah
BATAS AKHIR PEMBAYARAN/MENGANGSUR UKT
13 Jun 2022By fuah

Lowongan

;