fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Dekan FUAH hadiri undangan Tanoker Kunjungi Kearifan Lokal Pasar Lumpur Ledokombo

Home >Berita >Dekan FUAH hadiri undangan Tanoker Kunjungi Kearifan Lokal Pasar Lumpur Ledokombo
Diposting : Rabu, 28 Sep 2022, 10:00:27 | Dilihat : 40 kali
Dekan FUAH hadiri undangan Tanoker Kunjungi Kearifan Lokal Pasar Lumpur Ledokombo


FMC- Vakum selama 2 tahun akibat pandemi, Pasar Lumpur kembali digelar pada Sabtu, 24 September 2022 di Ledokombo, Jember. Dekan FUAH, Prof. M. Khusna Amal juga turut hadir memeriahkan acara yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini. Pasar Lumpur merupakan event rutin yang diselenggarakan sebulan sekali pada minggu terakhir oleh Desa Wisata Tanoker, Ledokombo, Jember.

Desa Wisata Tanoker sendiri, telah berdiri pada tahun 2009. "Alasan didirikannya Desa Wisata Tanoker ini, berawal dari berbagai persoalan seperti anak putus sekolah, pengangguran, kekerasaan terhadap anak, penyalahgunaan narkoba dan banyak anak di kampung tersebut yang ditinggalkan oleh orangtuanya karena sibuk bekerja," tegas Farha Ciciek dan suaminya Dr. Ir. Suporahardjo selaku pendiri Desa Wisata Tanoker. Sampai saat ini, kegiatan ini terus berkembang dan mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Jember.

Sama seperti kegiatan pasar tradisional pada umumnya yang melakukan transaksi jual beli, di Pasar Lumpur juga terdapat transaksi jual beli. Uniknya alat pertukaran yang digunakan untuk transaksi jual beli yakni berupa kepingan-kepingan berbentuk koin yang berbahan dasar tempurung kelapa. Hal menarik lainnya adalah kegiatan bazar jajanan tradisional dan kerajinan khas hasil karya penduduk desa Ledokombo. Hal yang membedakan dengan pasar pada umumnya yaitu, terdapat berbagai macam pertunjukan, outbond dan kegiatan positif lainnya yang sangat ramah untuk anak-anak bahkan untuk masyarakat setempat.

Prof. Dr. M. Khusna Amal menyaksikan dan menikmati berbagai pertunjukan yang ada. Di akhir sesi beliau bertemu dan berbincang dengan penggagas berdirinya Desa Wisata Tanoker, Dr. Ir. Suporahardjo, "dengan adanya beberapa mahasiswa UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menjadi panitia dan ikut terlibat langsung dalam acara ini, hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan dan contoh kepada mahasiswa lainnya," ujar Prof. Dr. M Khusna Amal. (Sdb/Drp)

Berita Terbaru

FUAH UIN KHAS Jember Gelar Audit Eksternal Sertifikasi ISO Tahap Dua
25 Nov 2022By fuah
HMPS SPI UIN KHAS Jember Lakukan Kunjungan Studi Banding dengan HMPS SKI UIN SUKA Yogyakarta
21 Nov 2022By fuah
FUAH Sukses Gelar NGOBRAS, Memetakan Peluang dan Tantangan Mahasiswa PTKIN
18 Oct 2022By fuah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;