fuah@uinkhas.ac.id 082143270620

Alumni Berprestasi: Jejak Kecintaan Ahmad Zainuri di Bidang Literasi dan Karya Ilmiah

Home >Berita >Alumni Berprestasi: Jejak Kecintaan Ahmad Zainuri di Bidang Literasi dan Karya Ilmiah
Diposting : Kamis, 21 Dec 2023, 15:19:37 | Dilihat : 239 kali
Alumni Berprestasi: Jejak Kecintaan Ahmad Zainuri di Bidang Literasi dan Karya Ilmiah


Jember. Alumni berprestasi memainkan peran kunci dalam meningkatkan reputasi sebuah institusi pendidikan. Keberhasilan mereka mencerminkan kualitas pendidikan yang diberikan oleh lembaga tersebut, memberikan dorongan motivasi kepada mahasiswa saat ini, dan menciptakan jaringan yang kuat untuk kepentingan karir dan pengembangan pribadi. Berbicara mengenai alumni Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora memiliki banyak sosok alumni-alumni berprestasi salah satunya yakni Ahmad Zainuri, M. Hum. 

Ahmad Zainuri lahir di Jember, Jawa Timur pada tanggal 19 Desember 1997. Memulai pendidikan pada bangku sekolah dasar di SDN 02 Tanjungrejo, Wuluhan. Kemudian melanjutkan pada bangku sekolah menengah pertama di SMP 06 Diponegoro, Wuluhan, dan menengah atas di SMA 02 Diponegoro, Wuluhan. Memulai terjun dalam dunia literasi ketika menjadi mahasiswa Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Jember. Alumni berprestasi sering terlibat dalam penelitian dan inovasi yang dapat memberikan dampak positif dalam disiplin ilmu mereka begitupun yang telah dilakukan oleh Zainuri. Pertama kali tertarik dalam bidang literasi dengan bergabung di sekolah riset fakultas yang diampu oleh Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag, M.Si. selama kurang lebih 3 tahun berkecimpung di dunia sekolah riset tersebut begitu banyak pengetahuan dan pengalaman yang ia dapatkan. 

Dalam perjalanan akademisnya, lulusan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini sudah banyak menerbitkan banyak buku dan artikel ilmiah. Karya ilmiah pertama kali terbukukan dan ber-ISBN. Buku tersebut berjudul “Merawat Indonesia: Studi Relasi Sosial Muslim dan Kristiani di Desa Sidorejo, Jember 1970-2019”. Buku tersebut menjadi gerbang awal bagi Zainuri untuk menelurkan karya-karya selanjutnya diantaranya buku berjudul Arah Baru Peradaban Islam Indonesia (Yogyakarta: Pohon Tua Pustaka, 2021). Merawat Indonesia: Studi Relasi Sosial Muslim dan Kristiani Desa Sidorejo, Kecamatan Umbulsari 1970-2019, (Jakarta: Guepedia, 2021). Merajut Keharmonisan dalam Bingkai Kemajemukan Agama di Indonesia, (Surabaya: CV Kanaka Media, 2019). Hidup Indah, Hidup Cinta, Hidup Cita, (CV. Wawasan Ilmu: Banyumas, 2021). Narasi Perdamaian Membangun Keharmonisan Antarpemeluk Agama di Indonesia. (Batu: Penerbit Prabu21, 2020). (Bunga Rampai), Islam Lokal: Sejarah, Budaya, dan Masyarakat, (Yogyakarta: Adab Press, 2021). (Bunga Rampai), Aneka Pendekatan Studi Islam: Hasil Sebuah Kajian Awal/Preliminary Research. (Yogyakarta: Adab Press, 2021. Indonesia dan Islam: Studi Politik Kebangsaan dalam Membangun Kemaslahatan dan Keragaman Umat, (Surabaya: Kanaka Media, 2023). 

Selain aktif menulis karya ilmiah, Zainuri juga aktif menulis narasi dan opini yang berbau sejarah di beberapa portal online diantaranya di Ibtimes dengan karya: Perdamaian Untuk Semua Umat Indonesia, (2020); Trilogi Persaudaraan Kunci Harmonis Dalam Keberagaman, (2020). Mohammed Arkoun: Toleransi Gagal Akibat Monopoli Kebenaran, (2020).Konflik Antara Agama dan Negara di Indonesia, (2022). Mustafa Kemal Attaturk: Jadikan Barat Sebagai Kiblat Turki, (2022). Islam dan Politik di Afghanistan, (2022).Wajah Islam dan Politik di Pakistan, (2022). Bagaimana Konsep Politik Islam dan Demokrasi, (2022). Kuliner Nusantara, Pertemuan Agama dan Tradisi, (2022). Sejarah Arsitektur Masjid Kuno di Jawa, (2022). Relasi Islam dan Negara di Malaysia, (2022). Sarekat Dagang Islam: Antara Kekuasaan dan Organisasi, (2022). Memaknai Islam Indonesia, (2022). Politik Islam dan Makna Kemaslahatan Umat, (2022). Regulasi Bersama dalam Membangun Keutuhan Bangsa, (2022). Merajut Keharmonisan Bangsa, (2022). Ramadhan, Kemerdekaan dan Kemanusiaan, (2022). Upaya-Upaya Magis dalam Merebut Kemerdekaan Indonesia, (2022). Kajian Islam di Barat dan Timur, Apa Bedanya?, (2022). Gerakan Tarekat-Tarekat dalam Penyebaran Islam di Abad Pertengahan, (2023). Perkembangan Islam di Amerika Serikat, (2023). Babisme: Jejak-Jejak Revolusi Sosial di Wilayah Iran, (2023). Fakta Perjuangan Umat Islam Akar Rumput dalam Revolusi Indonesia (1945-1949), (2023). Kisah Kedekatan Jong Islamieten Bond dan Ahmad Soerkati, (2023) yang bisa dibaca lengkap di https://ibtimes.id/author/ahmad-zainuri/. 

Selain aktif dalam bidang akademis, Zainuri juga aktif terlibat dalam organisasi serta komunitas diantaranya Duta Damai Jawa Timur dan Peace Leader Jember merupakan organisasi dan komunitas yang menjadi wadah pengembangan diri bagi Zainuri Khususnya dalam hal keragaman, kemanusiaan dan ke-Indonesiaan. Karena terlalu banyaknya tulisannya sepertinya tidak cukup dalam satu berita ketika menggambarkan karya yang telah dihasilkan oleh sosok pemuda dari Jember ini. Prestasi Ahmad Zainuri mencerminkan kombinasi kecerdasan, kerja keras, ketekunan dan pantang menyerah. Semoga sosok Ahmad Zainuri  menjadi sumber inspirasi bagi banyak mahasiswa di Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora serta harapan kedepannya akan semakin banyak sosok Zainuri lain yang muncul dari fakultas tercinta ini karena dengan mencontoh alumni berprestasi, mahasiswa dapat menggali pelajaran berharga, memotivasi diri, dan merancang langkah-langkah untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional mereka. Kesuksesan individu yang dicapai oleh alumni berprestasi juga dapat memberikan dampak positif pada perkembangan institusi pendidikan dan masyarakat secara umum. (Tam)

 

;